Humas dalam pelaksanaannya memiliki ruang lingkup yang wajib diketahui oleh para praktisi humas saat ini. Ruang lingkup humas diperlukan agar dalam menjalankan kewajibannya sebagai humas, seorang humas menyadari kedudukannya serta apa saja yang menjadi wewenangnya. Karena tidak semua hal menjadi wewenang humas. Tapi, ada pihak lain juga yang terlibat. Jangan sampai ada pihak yang merasa terlangkahi oleh langkah seorang humas dalam menjalani ruang lingkup humas.
Peranan Public Relations (PR)
dalam suatu perusahaan diwujudkan melalui kegiatan-kegiatan internal yang
berhubungan dengan pengembangan perusahaan. Kegiatan tersebut sangat bermanfaat
baik bagi perusahaan dan publik internal perusahaan. Kegiatan internal yang
diadakan dapat memberikan dampak yang positif bagi karyawan, karena kegiatan
tersebut bertujuan untuk meningkatkan motivasi karyawan dan meningkatkan kepercayaan
karyawan terhadap perusahaan. Kegiatan
internal perusahaan juga dilakukan untuk memberikan informasi bagi karyawan
perusahaan sehingga tujuan perusahaan secara keseluruhan dapat diketahui oleh
karyawan sehingga memperjelas tugas-tugas yang harus dilakukan oleh karyawan.
Contoh kegiatan internal yang dilakukan PR dalam suatu perusahaan adalah
special event, family gathering dan kegiatan lainnya adalah dengan menyediakan
informasi melalui forum komunikasi rapat.
Kegiatan special event biasanya
dilakukan bertepatan dengan peringatan hari nasional, peringatan hari ulang
tahun, dan peluncuran produk. PR sangat berperan dalam penggagasan ide dari
special event yang diadakan. PR berupaya meningkatkan motivasi karyawan dengan
melibatkannya dalam setiap acara yang diadakan oleh perusahaan, baik sebagai
panitia maupun pengisi acara. Kemudian kegiatan internal lainnya yang dilakukan
PR adalah family gathering. Kegiatan ini diadakan sebagai upaya peningkatan
motivasi kerja karyawan dan bentuk perhatian perusahaan tehadap karyawannya.
Family gathering dilakukan sebagai bentuk penghargaan pada karyawan karena
upaya yang telah mereka lakukan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan.Kegiatan ini biasanya dilakukan dalam bentuk
kunjungan ke tempat wisata maupun dengan mengadakan acara di lingkungan sekitar
perusahaan.
Selain Kegiatan Internal, adapun Kegiatan
Eksternal Public Relations yang ditujukan
untuk publik eksternal organisasi/perusahaan, yaitu keseluruhan elemen yang
berada di luar perusahaan yang tidak berkaitan secara langsung dengan perusahaan, seperti masyarakat sekitar perusahaan, pers,
pemerintah, konsumen, pesaing, dan lain sebagainya. Melalui kegiatan eksternal ini, diharapkan dapat menciptakan
kedekatan dan kepercayaan public eksternal kepada perusahaan. Dengan begitu maka akan tercipta hubungan yang harmonis antara organisasi/perusahaan dengan publik eksternalnya, sehingga dapat menimbulkan citra baik atas perusahaan dimata publiknya.
Kegiatan membina hubungan dengan komunitas merupakan wujud
kepedulian perusahaan terhadap lingkungan di sekitar perusahaan, ini juga dapat diartikan sebagai tanda terima kasih perushaan kepada komunitas. Kegiatan membina hubungan baik dengan pelanggan, dilakukan agar dapat meningkatkan loyalitas dan kepercayaan pelanggan terhadap produk dan perushaan itu sendiri. Hubungan dengan media dan pers merupakan sebagai alat pendukung atau media kerja sama untuk kepentingan proses publikasi dan publisitas dengan pihak publik. Hubungan yang baik dengan pemerintah bisa memudahkan perushaan dalam menyesuaikan kebijakan yang akan diambil dengan kebijakan-kebijakan pemerintah, sehingga kebijakan tersebut sesuai dengan aturan pemerintah dan tidak melanggar hukum.
Sumber: Ayu Chintiya P Blog (https://bit.ly/2zirJaa)
No comments:
Post a Comment