Media Mapping
Sebagai seorang PR tentunya akan sangat dekat dengan dunia media, jika dianalogikan PR dan media adalah buku dan pena. Buku menggambarkan sosok media, sebagai fasilitator terhadap apa yang ditulis oleh pena sehingga tulisan tersebut bisa terlihat jelas dan dapat terdokumentasi dengan baik. Melihat keterkaitan antara PR melakukan media mapping. Fungsi media mapping adalah untuk mengetahui karakter media, brand position media dan kepemilikan media. Manfaatnya adalah PR dapat menganalisis media mana yang paling tepat dalam mempublikasikan informasi mengenai kegiatan perusahaan.
Social Media Mapping
Di dalam melakukan pemetaan media sosial pada prinsipnya sama pada pemetaan media, hanya saja tingkat kompleksivitas pada sosial media lebih tinggi. Setiap saat orang dapat menggungah informasi, sehingga fungsi gate keeper pada akun sosial media jarang ditemukan, kecuali memang mereka adalah panjang tangan dari media induk. Fungsi dari pemetaan media sosial adalah untuk menganalisis saluran komunikasi mana yang lebih tepat dan efektif digunakan dalam melakukan publisitas.
Media Partner
Sebagai media partner biasanya wartawan akan melakukan peliputan kegiatan, acara yang bisa diliput wartawan bisa yang bersifat massal seperti pembukaan, pameran, seminar, pelatihan, diskusi panel wisuda, pertandingan olahraga, pergelaran seni dan lain-lain. Bisa pula dalam kelompok khalayak yang lebih kecil, seperti berbagai upacara pelantikan, pembukaan dan penutupan acara. Untuk memudahkan wartawan siapkanlah bahan dan data tentang kegiataan dari lembaga pengundang.
Resepsi Pers
Acara resepsi pers adalah salah satu bentuk press relations dalam membina hubungan baik dengan insan pers. Tujuan utama kegiatan ini adalah menciptakan citra positif lembaga atau individu. Dalam upaya menjalin kemitraan antara Humas dengan pers memang selayaknya jangan terlalu perhitungan dan takut wartawan tidak menulis berita acara itu. Acara resepsi pers bukan acara konferensi pers, namun dalam acara ini kita pun harus siap menjawab apabila ada wartawan yang ingin menanyakan sesuatu terkait kegiatan perusahaan. Dalam resepsi pers ini diharapkan tidak menimbulkan sebuah kesan bahwa perusahaan hanya membutuhkan pers pada saat butuh dipublikasikan saja.
Kunjungan Pers
Seorang jurnalis atau kelompok wartawan sering kali diundang guna mengunjungi sebuah pabrik milik perusahaan, menghadiri pembukaan kantor baru yang disusul dengan peninjauan bersama, atau acara demo produk baru. Acara ini juga disertai dengan fasilitas transportasi, jamuan, selingan ramah-ramah dan terkadang akomodasi menginap (apabila di luar kota atau luar negeri, misalnya dalam rangka mengunjungi sebuah sebuah lokasi pariwisata yang baru dibuka di luar negeri milik sebuah perusahaan domestik).
Daftar Pustaka :
Aldhily, Ridho. 2017. "101 Amazing Public Relation Ideas". Jakarta: QUADRANT.
No comments:
Post a Comment